Titik Terang! – Ebook Perdana Saya

Salah satu pembaca blog saya, Pak Yayat Hidayat, dalam komentarnya beberapa waktu yang lalu pernah mengusulkan agar saya menulis sebuah buku yang ditujukan untuk para pencari kerja.

Pada waktu itu saya hanya menanggapinya dengan tertawa dalam hati, karena saya berpikiran bahwa hasil tulisan saya sama sekali belum pantas untuk diterbitkan dalam bentuk sebuah buku, dan kalaupun suatu hari nanti ada sebuah penerbit yang mau menerbitkan buku berisikan hasil tulisan saya, saya tidak mau menanggung resiko kalau angka penjualannya ternyata jeblok dan kemudian saya malah dituduh sebagai biang kerok penyebab bangkrutnya perusahaan penerbit tersebut, hehehe…

Selain itu saya juga memiliki pendapat pribadi bahwa untuk menulis buku yang diterbitkan secara komersial dan kemudian dipajang di toko-toko buku sekelas Gramedia, Karisma, Gunung Agung dan lain sebagainya, tentunya penulis buku itu sendiri harus sangat menguasai bidangnya secara mendalam.

Sementara saya ini merasa belum apa-apa dan bukan siapa-siapa, jadi saya sangat kuatir mengecewakan orang yang sudah membeli buku yang saya tulis bila ternyata kemudian kualitas isinya sama sekali tidak sesuai dengan harapan.

Jadi pada prinsipnya, saya punya keinginan untuk menulis buku, tapi tidak punya keberanian untuk menerbitkannya secara komersial.

Nah, setelah berpikir panjang mengenai soal penulisan buku ini, saya kemudian memutuskan untuk mengambil jalan tengah. Saya akan tetap menulis sebuah buku, tapi bukan melalui jalur penerbit konvensional dan bukan pula melalui jalur distribusi normal.

Saya memutuskan untuk menerbitkan sendiri hasil tulisan saya dalam bentuk electronic book (atau lazim disebut ebook) yang bisa diunduh secara gratis dari internet.

Dengan cara seperti ini paling tidak kalau orang kemudian kecewa dengan kualitas isi ebook saya, mereka tidak akan mengalami kerugian finansial apapun. Cukup tekan tombol Del di keyboard komputer dan ebook tersebut dapat langsung terhapus tanpa bekas. Sementara di sisi lain saya juga jadi lebih leluasa dalam menulis tanpa harus berpikir macam-macam mengenai harapan orang (yang mungkin agak muluk-muluk) terhadap kualitas isi ebook tersebut.

Melalui cara seperti ini saya meyakini bahwa anda akan diuntungkan dan saya juga semakin dimudahkan.

Untuk terbitan ebook perdana saya ini — yang merupakan sebuah eksperimen awal — saya memberinya judul Titik Terang! Panduan Langkah demi Langkah Untuk Menemukan Profesi dan Karir Idaman.

Kalau anda merasa judulnya cukup familiar, itu karena ebook perdana ini memang merupakan penjabaran secara lebih terinci dari tulisan saya sebelumnya, Cara Mudah Menemukan Profesi dan Karir Idaman.

Memang bukan topik yang sangat istimewa, tapi saya yakin ada diantara anda yang bisa memanfaatkannya secara optimal untuk menemukan profesi dan karir idaman yang selama ini mungkin anda cari-cari kesana-kemari.

Akhirnya, saya akan sangat menghargai bila ada yang berkenan memberikan kritik dan saran untuk ebook perdana saya yang disusun secara sangat sederhana ini. Pujian, sambutan ataupun sambitan (syukur-syukur dalam bentuk cek atau uang cash) pasti akan tetap diterima dengan lapang dada, hehehe…

Semua masukan tersebut menjadi sangat penting karena akan saya jadikan sebagai sebuah bahan pertimbangan serius ketika suatu hari nanti saya bermaksud menulis ebook gratisan lagi. Tujuannya jelas, supaya topik dan isi dari ebook saya yang berikutnya juga bisa jauh lebih berbobot dibandingkan terbitan perdana ini.

Nah, selanjutnya silakan anda unduh sendiri ebook perdana saya disini (disusun dalam bentuk PDF dengan ukuran file kurang lebih 1,5 MB)

Terima kasih.

Quote of the Day:

“The best career advice given to the young is: Find out what you like doing best and get someone to pay you for doing it.” by Katherine Whitehorn

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

33 thoughts on “Titik Terang! – Ebook Perdana Saya

  1. Yayat Hidayat

    Hallo Mas,
    Thank you buat E-booknya. Karena saya kerja disite yang agak susah sarana IT-nya baru kali ini bisa buka.
    Karena diijinkan buat ngritik, jadi saya akan kritik tulisannya.
    Terus terang agak capek bacanya. nggak bisa dibaca sambil santai seperti tulisan dalam blog ini. Mesti serius kali bacanya biar bisa dicerna.
    Saya tunggu tulisan berikutnya.

    Salam

    Yayat

    [Reply]

    Reply
  2. sanggita

    Wah, terimakasih untuk keikhlasannya berbagi, Mas Haryo. Saya akan turut sebarluaskan e-book ini agar semakin banyak para job seeker yang tercerahkan.

    Untuk pak Yayat Hidayat : Orang Sunda ya, Pak? Namanya kok “tolong menolong”, ups! Ini yang namanya SKSD. Padahal suami saya orang Sunda juga, hehe…

    [Reply]

    Reply
  3. Pingback: Silahkan download e-book menarik ini « Sanggita

  4. hendry

    Aslamualaikum Pak Haryo Saya mau nanya tapi OOT gpp yaa,yang di bagian tips dan trik tentang “Belajar Memahami Pola Pikir Orang HRD” yg d tulis 5 juli 08 jadi mo dilanjutkan ga ya pak??
    Matur nuwun

    [Reply]

    Reply
  5. Pingback: Selamat, Anda Gagal Dalam Psikotes! | suryosumarto.com

  6. arief.firmansyah

    p.haryo YTH senang sekali saya membaca artikel2 dan tulisan bapak.. yang sedikit banyak bermanfaat untk pengetahuan dan ilmu bg saya.. ad sedikit masukan bt kami.. mohon sudi kiranya bapak untk menuliskan artikel buat anak2 muda yang akan memulai usaha.. tentu memulai usaha dari awal atau usaha ap yang cocok itu tdk semudah bagaikkan membalikkan telapak tangan.. butuh kejelian dlm membaca peluang.. untk itu sudi kiranya bpk haryo YTH berbagi ilmu dg kami.. mengingat dunia usaha yang semakin sempit dan meledaknya tenaga kerja yang belum dapat tempat.. semoga masukan kami dapat diterima y pak.. semoga ALLAH swt memberikan jalan yang terbaik bt kita dan semua pembaca.. amin…nuwun…

    [Reply]

    Reply
  7. dedi

    alo mas pa kabar? dah lama gak berkunjung di blog sampeyan, banyak pengetahuan yang aku dapatkan di blog ini, btw aku minta ijin dowload e-book-nya koq error ya? thx

    [Reply]

    Reply
  8. Ajeng Fitri

    Lho, mas. kok ga bisa do download ya?

    [Reply]

    Haryo reply:

    Silakan dicoba kembali, file ebook-nya sudah di-upload ke web server yang baru.

    [Reply]

    Reply
  9. Pingback: Mind Mapping « trigoesema's Blog

  10. Eko Susetyo

    baru beberapa hari inis ecara tidak sengaja saya menemukan blog Mas HAryo dan saya merasa blog ini sungguh sangat inspiring. Hari ini saya baru membaca e-book Titik Terang dan rasanya cara yang dilakukan mas Haryo ini sangat menarik untuk dicoba.

    Tetapi rasanya kok saya merasa ada sedikit kesalahan dalam menerjemahkan ya? atau mungkin saya yang salah? (jujur kemampuan bahasa inggris saya tidak terlalu baik) yaitu di bagian tes MAPP. Mas Haryo menerjemahkan instruksi menjadi :
    ? β€œMost” untuk pilihan yang anda sukai,
    ? β€œLeast” untuk pilihan yang mungkin anda sukai, dan…
    ? Kosong untuk pilihan yang tidak anda sukai.

    dari instruksi :
    “most” tidak terlalu ada masalah, namun saya rasa lebih tepat bila diterjemahkan menjadi pilihan yang “Paling” anda sukai.

    untuk “Least” saya rasa diterjemahkan dengan kurang tepat. karena menurut saya seharusnya menjadi pilih pilihan yang “paling Tidak/kurang” anda sukai.
    dan yang terkahir seharusnya bukan diterjemahkan menjadi “Tidak anda sukai”. tapi mungkin sebaiknya diterjemahkan utuh menjadi biarkan pilihan yg satunya tetap kosong.

    jadi intinya “Most” pilih yang paling disukai dan
    “Least” pilih pilihan yang paling tidak/kurang disukai.

    instruksi ini serupa dengan berbagai tes kepribadian lain. seperti tes DISC yang saat ini cukup populer di indonesia. atau instruksi MBTI bila tidak menggunakan skala.

    BTW Thanks buat e-booknya ya mas.. πŸ™‚

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Thank you for the correction, Mas Eko πŸ˜€

    [Reply]

    Reply
  11. Zein

    Terima kasih atas artikel-artikelnya.
    Terutama ebooknya mas Haryo .
    Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat ….

    Saya nantikan tulisan mas Haryo selanjutnya …
    Terus berkarya mas … πŸ˜€

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *