Peringatan “Mitoni” untuk Bisnis Rekrutmen Saya

Hari ini tanggal 4 Desember 2009 genap tujuh bulan saya menjalani pilihan karir sebagai independent recruitment consultant. Saya resmi mengundurkan diri dari kantor lama saya pada tanggal 24 April 2009 dan mulai merintis bisnis (yang diharapkan kelak bisa tumbuh menjadi bisnis konsultasi dengan standar kelas dunia) pada tanggal 4 Mei 2009, dan alhamdulillah masih eksis — malah kian berkembang pesat — sampai dengan sekarang.

Saya selalu mengumpamakan bahwa bisnis yang baru mulai dirintis itu adalah seperti halnya seorang bayi, hanya bedanya saya menganggap bahwa bisnis yang saya tekuni selama tujuh bulan terakhir ini sebetulnya adalah bayi yang masih ada dalam kandungan ibunya. Nah, sebagai orang Jawa yang masih percaya tradisi kejawen, hari ini saya berniat mengadakan upacara mitoni untuk bisnis saya.

Berbeda dengan tradisi upacara mitoni yang dijalani oleh sepasang calon ibu dan calon ayah (yang dulu juga pernah saya lakukan pada bulan Agustus 2007), mitoni untuk bisnis saya tidak perlu pakai acara siraman, mecah kendi, belah kelapa, brojolan dan lain sebagainya, tapi cukup dengan melakukan soft launch website Headhunter: Indonesia dan juga soft launch Headhunter: Indonesia page di Facebook.

Headhunter: Indonesia adalah brand untuk bisnis jasa konsultan rekrutmen dan executive search yang saat ini sedang saya upayakan pengesahannya untuk menjadi sebuah Perseroan Terbatas atau PT. Tentu saja nama formalnya nanti tidak menggunakan titik dua, tapi cukup tercantum resmi sebagai PT Headhunter Indonesia.

Diharapkan grand launching alias kelahiran PT Headhunter Indonesia bisa dilakukan bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke-34 pada tanggal 10 Maret 2010. Pas sekali setelah dipikir-pikir, karena pada bulan Maret 2010 nanti berarti telah 10 bulan saya menjalani bisnis konsultasi ini, dan menurut ibunda tercinta pun dulu saya dilahirkan setelah 10 bulan ada di dalam kandungan.

Semoga saja ini bisa menjadi berkah, tidak hanya untuk saya, tapi juga semua yang terlibat dalam bisnis ini, baik klien-klien saya maupun para kandidat yang saya proses untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan klien.

Pada kesempatan ini saya juga secara terbuka ingin menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya kepada para klien saya dan juga para kandidat yang pernah saya proses sebelumnya, karena harus diakui selama tujuh bulan ini saya betul-betul mesti pandai berakrobat untuk mengerjakan begitu banyak job assignments seorang diri. Saya menyadari sepenuhnya bahwa service level kepada para klien dan kandidat sekarang jadi menurun sangat drastis dibandingkan ketika saya baru memulai bisnis ini pada bulan Mei yang lalu.

Untuk itulah saya sudah bertekad untuk mulai mempekerjakan sekurang-kurangnya satu orang Senior Consultant, satu orang Associate Consultant, serta satu orang Administrative Assistant pada awal tahun 2010 untuk membantu saya menangani bermacam job assignments yang sangat menarik dari berbagai perusahaan baik lokal maupun multinasional.

Terus terang saya mengakui bahwa bisnis ini berkembang lebih cepat daripada yang saya perkirakan, di satu sisi saya sangat mensyukurinya, namun di sisi lain saya sadar bahwa pelayanan pada klien harus tetap menjadi pertimbangan utama saya dalam merencanakan pengembangan serta inovasi kedepannya. Semoga saja semuanya bisa berjalan dengan baik dan membawa kebaikan serta keberkahan untuk semua.

Jadi sekali lagi, dalam rangka mitoni pada hari ini, silakan berkunjung ke website resmi Headhunter: Indonesia, dan bila anda juga memiliki account di Facebook, jangan lupa untuk Become a Fan di Headhunter: Indonesia page.

P.S. Headhunter: Indonesia juga memiliki account di Twitter, please follow us on Twitter.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

6 thoughts on “Peringatan “Mitoni” untuk Bisnis Rekrutmen Saya

  1. Fitri

    berawal dari browsing head hunter akhirnya seharian ini membaca blog bapak..
    banyak sekali ilmu yang saya dapat..tadinya mau drop cv tapi belum five years hehe..
    terus berbagi ilmu ya pak dan semoga sukses dalam segala hal

    [Reply]

    Reply
  2. Rani

    Pak Haryo, salam kenal…saya baru menemukan blog ini, kebetulan ada niatan utk memulai bisnis di bidang yg sama, semoga bisa mengikuti kesuksesan anda πŸ™‚
    Semoga makin sukses dan terima kasih atas artikel2 nya…

    [Reply]

    Haryo reply:

    Salam kenal juga Mbak Rani. Sukses untuk niatnya membuka bisnis konsultan sendiri, yang lebih penting selain skill sebetulnya cuma niat dan keyakinan kok… πŸ˜€

    [Reply]

    Reply
  3. petra

    Selamat ya pak πŸ™‚
    Oh ya, gmana ya caranya memberanikan diri melamar di tempat lain,
    ko kayaknya ga pede gitu..padahal dah 6 tahunan di tempat kerja saya saat ini.,

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *