Penghentian Konsultasi Gratis

Seiring dengan jumlah corporate clients dan job assignments yang terus meningkat tajam sejak saya memulai bisnis sebagai independent consultant tanggal 4 Mei 2009 yang lalu, otomatis saya sekarang harus lebih banyak mencurahkan waktu dan tenaga untuk bisnis, karena bagaimanapun ini menyangkut soal reputasi profesional saya juga di mata para klien.

Ditambah dengan aktifitas perkuliahan setiap hari Rabu, Jumat dan Sabtu (apalagi saya diangkat pula sebagai koordinator angkatan), maka hal-hal tersebut makin membuat saya tidak punya waktu yang cukup untuk beristirahat dan bermain bersama keluarga di kala akhir pekan.

Akhirnya dengan sangat menyesal, mulai hari ini (Minggu, 9 Agustus 2009) saya terpaksa menghentikan layanan konsultasi gratis yang biasanya saya berikan dengan senang hati kepada siapa pun yang membutuhkan, terutama para pembaca blog suryosumarto.com

Untuk beberapa rekan yang sudah mengirimkan permintaan konsultasi sebelum tanggal 9 Agustus 2009, saya akan tetap menyelesaikan ‘hutang’ saya ASAP. Mohon sedikit bersabar karena saya mesti melayaninya satu-persatu.

Sebagai ganti dari penghentian konsultasi gratis ini, saya berpikir untuk lain waktu menyelenggarakan training class setengah hari (durasi sekitar 6 jam) yang maksimal diikuti 12 orang, dimana materinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta. Dari situ diharapkan ada proses diskusi, interaksi dan saling berbagi pengalaman, sehingga wawasan para peserta mengenai soal karir akan makin terbuka.

Saya sudah menemukan tempat yang cocok untuk penyelenggaraannya, cuma jeleknya ada biaya juga yang mesti dikeluarkan untuk mengikuti training class ini. Jumlahnya belum bisa saya pastikan, tapi yang jelas termasuk dua kali coffee break dan makan siang, saya upayakan tidak akan lebih dari Rp 500.000,- per orang.

Harap dimengerti bahwa saya tidak bermaksud mengeruk untung dari penyelenggaraan training class ini, karena saya memperhitungkan kalau saya fokus bekerja untuk corporate clients, maka rata-rata per jam saya bisa mendapat jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan menyelenggarakan training class.

Biaya training class tersebut sebagian besar akan dipergunakan untuk menutup biaya sewa tempat dan pengadaan konsumsi. Kalau kemudian masih ada kelebihannya itu pun tidak dalam jumlah yang signifikan. Sekedar sebagai pengganti uang lelah untuk asisten yang akan membantu saya dalam mempersiapkan materi nantinya.

Terima kasih kepada semua yang selama ini telah banyak sekali mengirimkan permintaan konsultasi, baik melalui email, telepon, ataupun bertatap muka secara langsung. Sebagian besar bisa saya layani, tapi mengingat keterbatasan waktu dan tenaga, sebagian lainnya (terutama yang mengirimkan melalui email) masih terbengkalai sampai sekarang.

Saya akan mencoba metode training class ini dalam waktu dekat, sekaligus ingin melihat respon dari para pembaca blog saya. Kalau responnya cukup bagus, tidak tertutup kemungkinan training class yang materinya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing peserta ini akan diselenggarakan secara berkala kedepannya.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

2 thoughts on “Penghentian Konsultasi Gratis

  1. Kemas

    Alhamdulillah usaha yang dirintis sudah mulai membuahkan hasil yang luar biasa. Selamat Pak Haryo. Ditunggu peluncuran HeadHunter Indonesia-nya. 🙂

    [Reply]

    Haryo reply:

    Terima kasih, Mas Kemas. Peluncurannya terpaksa sedikit tertunda nih, karena saya belum sempat kutak-katik lagi. Semoga bisa dalam bulan Agustus ini juga.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *