MS Office 2007 Bisa Merugikan Anda

Bila anda termasuk pengguna Microsoft Office versi terbaru (MS Office 2007), saya sarankan anda untuk berhati-hati dalam membuat dokumen penting, khususnya dokumen lamaran kerja yang harus anda kirimkan via email.

MS Office 2007 secara default akan menyimpan dokumen yang anda buat dalam format docx — bukan doc seperti versi MS Office pendahulunya. Format docx ini memang sangat efisien dalam ukuran file, bila kita membuat dokumen berukuran sekitar 100 KB dengan menggunakan MS Office versi lama (MS Office 97 atau MS Office 2000), maka dengan MS Office 2007 ukuran file tersebut bisa menjadi lebih kecil, mungkin hanya berkisar 30-40 KB saja.

Tapi yang harus anda waspadai, belum semua perusahaan di Indonesia (atau malah di seluruh dunia) yang beralih menggunakan MS Office 2007. Masih banyak perusahaan yang mempertahankan MS Office versi lama yang mereka miliki untuk alasan efisiensi biaya ataupun alasan lainnya (termasuk Monroe Consulting Group, tentunya)

Nah, akan menjadi masalah besar kalau kemudian anda yang kini telah menggunakan MS Office 2007 mengirimkan dokumen lamaran kerja yang menggunakan format file docx ke perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan MS Office versi lama, karena MS Office versi lama ternyata tidak bisa membaca format docx tersebut.

Format docx

Format docx

Akhirnya yang terjadi selama ini, setiap kali saya menerima dokumen lamaran kerja dengan menggunakan format docx, saya memilih untuk menghapusnya. Saya tidak mau bersusah-payah menghubungi kandidat yang bersangkutan melalui email (kecuali kandidat tersebut saya dapatkan melalui headhunting) untuk mengirim ulang dokumen dengan menggunakan format doc, karena toh belum tentu kandidat tersebut memiliki kualifikasi yang memenuhi job requirements.

Solusi yang bisa saya berikan untuk anda para pengguna MS Office 2007, simpanlah selalu dokumen lamaran kerja anda kedalam format doc. Saya memang belum pernah menggunakan MS Office 2007, tapi dari informasi yang saya dapatkan, MS Office 2007 masih tetap bisa menyimpan file (save as) kedalam format doc.

Hal ini juga berlaku bagi anda para pengguna aplikasi OpenOffice, yang secara default akan menyimpan file kedalam format odt. Sebagai pengguna aplikasi OpenOffice di laptop pribadi, saya tahu persis kalau OpenOffice bisa juga menyimpan file yang anda buat kedalam format doc.

Jadi mulai sekarang, stick to the basic… kirimkan dokumen lamaran kerja anda hanya dalam dua format yang berlaku secara universal: doc atau pdf.

Update (23 Juli 2008) – Mulai tanggal 4 Agustus 2008, Monroe Consulting Group akan meng-upgrade MS Office-nya, dari MS Office 2000 ke MS Office 2007. Tapi sebagai langkah amannya, kalau mengirimkan dokumen lamaran kerja via email ke perusahaan manapun tetaplah berpatokan pada saran saya diatas… dokumen berekstensi doc atau pdf.

Quote of The Day:

“Nothing is particularly hard if you divide it into small jobs.” by Henry Ford

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

12 thoughts on “MS Office 2007 Bisa Merugikan Anda

  1. zhanzhe

    Betul tuh. Sekarang saya masih kuliah, pernah ada teman saya yang kelupaan ngesave file tugasnya dalam format .docx. Padahal, si dosen masih pake office 97. Jadinya tugas itu gak bisa dibuka dan teman saya dianggap gak ngumpulin tugas πŸ™

    Sejak saat itu kita semua selalu ingat untuk save as ke format .doc πŸ˜€

    [Reply]

    Reply
  2. Fadli Reza

    Sepertinya lebih aman kalau kita kirim CV pakai format .pdf ya Pak ..
    Saya pernah menyimpan file yang sama dalam format docx dan doc, ternyata hasil nya tidak sama 100% 😯 (walaupun memang jarang terjadi)

    [Reply]

    Reply
  3. Haryo

    @ zhanzhe: Nggak hanya berlaku untuk tugas kuliah, nanti kalau sudah lulus dan mengirimkan lamaran kerja, file berekstensi .doc juga masih laku dipakai πŸ˜€

    @ Mas Fadli Reza: File berekstensi .pdf sama sekali tidak dilarang, apalagi kalau memang jagoan dalam membuat layout design CV yang menarik. Rasanya dokumen pdf akan lebih enak dilihat

    [Reply]

    Reply
  4. fe

    Sebenarnya itu tergantung ketelitian kita aja toh…
    lambat laun orang akan banyak beralih dari versi 2003 ke versi 2007
    apa salahnya kita biasakan dari sekarang
    teknologi hardware terus berkembang
    begitu juga software
    so kita jangan sampe ketinggalan juga donk
    JADI INTINYA KETELITIAN ANDA BROOOO

    [Reply]

    Reply
  5. GV

    terimakasih Mas atas infonya

    jujur saya gak sadar, selama ini saya save word 2007 format docx.
    saya akan kirim lagi, kalo tembus, Mas saya traktir! Suer!

    [Reply]

    Haryo reply:

    Paling aman kalau memakai MS Office 2007, save as PDF, terutama untuk CV.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *