Mengeksplorasi Ide melalui Mind Mapping

Untuk anda yang pernah membaca buku-buku karya Tony Buzan tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah “mind map” (yang merujuk kepada konsep Mind Map itu sendiri) atau “mind mapping” (yang lebih merujuk kepada proses pembuatan Mind Map).

Meskipun sudah mengetahui konsep mind map ini sejak lama, tapi sejujurnya saya sendiri baru mulai mempraktekkan kembali penggunaan konsep ini (secara serius) sejak dua minggu terakhir.

Meskipun mungkin lebih mudah menerapkan konsep mind map melalui proses corat-coret diatas selembar kertas, tapi sesuai dengan artikel saya terdahulu yang menyebutkan mengenai usaha meminimalisir penggunaan kertas, maka saya sekarang lebih suka melakukan proses mind mapping melalui penggunaan software khusus.

Ada dua software mind map yang saya pakai saat ini:

MindManager Pro 7, ini merupakan versi berbayar dan hanya saya pergunakan karena software ini merupakan software standar yang dipergunakan (lebih tepatnya: diwajibkan) dalam salah satu mata kuliah utama yang sedang saya ikuti di jenjang S2.

FreeMind, ini merupakan software mind map yang bisa diperoleh secara gratis karena merupakan open source software. Dari sisi fitur sama sekali tidak kalah dengan MindManager Pro 7, dan merupakan software yang sangat bagus untuk pemula yang ingin mulai mempraktekkan konsep mind map untuk mengeksplorasi ide-ide yang ada di kepala tanpa harus keluar banyak biaya untuk membeli software mahal.

Meskipun saat ini saya masih disibukkan dengan padatnya materi perkuliahan dan pekerjaan yang masih saja terus menumpuk, tapi kedepannya saya berencana untuk memanfaatkan konsep mind map ini untuk membuat satu ebook gratis lagi yang masih membicarakan mengenai karir bagi para profesional (ebook gratis yang sebelumnya bisa di-download disini).

Semoga saja dengan mind map ini, berbagai ide dan konsep awal yang terserak di pikiran saya bisa makin tertata dengan lebih rapi supaya produktifitas pun bisa makin meningkat.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

3 thoughts on “Mengeksplorasi Ide melalui Mind Mapping

  1. Pingback: Endang Swastyaskuningsih » Blog Archive » “Mind Mapping & Multiple Intelligences”

  2. Tamba Budiarsana

    Halo Pak Haryo, apa kabar?
    Saya malah baru tahu tentang Mind Mapping dari blog ini. Saya coba angkat untuk dijadikan topik di program yang saya pegang, sekalian sebagai bahan saya untuk belajar juga.

    Sukses terus pak Haryo, saya tunggu tulisan-tulisan inpiratif lainnya. ๐Ÿ™‚

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *