Kenapa Blog Ini Tidak Memuat Lowongan Kerja?

Salah satu komentator di blog Mas Anjar yang merujuk ke blog saya memberikan komen sebagai berikut:

dah masuk ke blognya suryo headhunter tapi gak nemu lowongan kerja…
Gimana caranya bisa ketemu headhunter….melamarnya kemana???? soalnya di blog tsb dijelaskan jangan berbohong mengenai gaji krn headhunter nantinya akan meminta slip asli 3 bulan terakhir……..ooopssss lah kalo gajiannya gak pakai slip gimana hayoooo (selama kerja 12 tahun dan dah pindah pindah tapi gak pakai slip, gaji langsung ditransfer…dan tinggal cek ke atm)
Headhunter dimanakah engkau berada???? apa lowongan kerja yg bagus saat ini????

Meskipun yang bersangkutan bertanya di blog Mas Anjar, dan bukan bertanya langsung kepada saya, tapi berhubung masih ada sangkut pautnya dan tidak pernah ada salahnya memberikan penjelasan supaya orang tidak bertanya-tanya… saya coba terangkan sedikit sebagai berikut:

Kenapa gak nemu lowongan kerja di blog ini?

Sebetulnya sudah saya siapkan satu kategori khusus di blog ini yang memuat informasi lowongan kerja, kategorinya diberi nama Job Vacancy. Tapi harus diingat, yang saya masukkan hanyalah job vacancy yang saya tangani secara langsung, jadi jangan harap bisa menemukan bermacam-macam job vacancy yang bukan diberikan oleh klien saya di blog ini, karena toh tujuan utama dibuatnya blog ini memang bukanlah sebagai tempat informasi lowongan kerja, tapi lebih sebagai sarana berbagi informasi seputar karir, tips & trik untuk job hunting, dan berbagi cerita seputar kehidupan (profesional) saya sebagai headhunter.

Lalu kenapa selama ini hanya ada tiga job vacancy yang tercantum disitu?

Nah, ini ada dua faktor yang menjadi penyebab. Faktor pertama: seringkali saya menangani executive search assignments dari klien yang sifatnya rahasia. Mereka minta saya tutup mulut rapat-rapat mengenai penugasan yang diberikan kepada saya. Biasanya ini terjadi kalau saya diminta “berburu” top eksekutif (level direktur atau senior advisor) yang memang hanya bisa dicari melalui metode headhunting. Karena satu dan lain hal, klien tidak mau ada satu pun pihak, terutama perusahaan kompetitor, yang mengetahui kalau mereka sedang dalam proses pergantian direksi. Jadi wajar toh kalau saya tidak memasang informasi lowongan kerja itu dimanapun, termasuk di blog saya sendiri?

Faktor kedua: ini yang agak sulit dimaafkan, karena saya memang kadang malas posting job vacancy untuk posisi-posisi middle management, baik di JobsDB, Jobstreet, atau malah blog saya sendiri. Alasannya pernah saya kemukakan disini.

Kalau tidak memasang iklan, lalu darimana kandidat untuk posisi tersebut didapat?

Monroe Consulting Group memiliki database kandidat, yang kalau seluruh kandidat tersebut dikumpulkan di satu tempat, sudah pasti cukup untuk memadati Stadion Lebak Bulus. Seluruh kandidat yang ada di database merupakan kandidat pilihan yang tersaring karena dinilai memiliki potensi (dan juga kompetensi) memadai untuk suatu hari nanti pindah kerja ke perusahaan klien kami. Dari situlah saya mendapatkan kandidat untuk diajukan mengisi posisi lowong di perusahaan klien… atau bisa juga kandidat didapatkan melalui referensi dari teman, keluarga, atau malah dari kandidat yang sebelumnya pernah saya proses.

Gimana caranya bisa ketemu headhunter?

Hehehehe… kalau yang dimaksud headhunter disini saya, pada prinsipnya saya bisa ditemui kapan saja. Saya tidak pernah mau sok eksklusif dan membatasi kesempatan networking, silakan hubungi saya untuk sekedar ngobrol soal karir dan kehidupan profesional, siapa tahu dari obrolan itu saya “keceplosan” membicarakan informasi yang mungkin berharga buat anda kedepannya.

Lalu soal slip gaji itu gimana?

Ah, itu sih gampang. Cukup datang ke bagian keuangan perusahaan anda sekarang, dan minta printout slip gaji atau surat keterangan penghasilan tiga bulan terakhir. Beres kan? Kalau bagian keuangan sampai tidak mau memberikan, laporkan ke saya, nanti saya akan hubungi staf bagian keuangan itu dan kalau ternyata dia cukup bagus… akan saya pindahkan dia ke perusahaan klien saya!

Lho, kok buntut-buntutnya tetap headhunting ya…

Quote of the Day:

“Whatever you find hardest to do, do with all your heart.” by Dalai Lama

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

3 thoughts on “Kenapa Blog Ini Tidak Memuat Lowongan Kerja?

  1. Zuchrivious

    Engg, kayak yang di film itu yah. Makhluk yang jarang disinggung di kuliah HR, tapi megang banget recruitment eksekutif.
    Salam kenal

    *CVnya besok aja kalo udah lulus ;D

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *