Kemudahan-kemudahan dalam Hidup Seorang Headhunter

Saya tidak tahu ini ada hubungannya atau tidak, tapi sejak saya mulai menulis blog ini rasanya saya makin sibuk di kantor. Kalau awalnya saya sempat kesulitan mendapatkan klien, sekarang justru klien yang mendatangi saya.

Saya masih meyakini kalau ini terjadi bukan akibat secara langsung dari blog, tapi lebih ke arah kemudahan yang diberikan Allah SWT. Bayangkan saja, saya dulu pernah menawarkan jasa executive search ke satu perusahaan dan ditolak mentah-mentah karena biaya yang dipatok dirasa terlalu mahal dibandingkan jasa sejenis lainnya.

Karena saya termasuk orang yang sangat easy going, saya waktu itu tidak terlalu ambil pusing. Nah, tanpa diduga dan tanpa disangka, tiba-tiba dua minggu yang lalu HR Manager perusahaan tersebut menghubungi saya dan minta bantuan melakukan executive search untuk C-level position.

Wow, bisa dibayangkan betapa kagetnya saya saat itu? Seingat saya dulu perusahaan ini menolak jasa yang saya tawarkan dengan alasan fee yang terlalu mahal, tapi kini tiba-tiba mereka jadi tidak ambil pusing lagi dengan soal biaya, yang penting mereka bisa mendapatkan direktur dengan kualifikasi yang mereka cari.

Saya tidak punya peranan apa-apa untuk membuat hal seperti ini bisa terjadi, saya yakin Gusti Allah yang membuat segalanya mungkin terjadi, karena memang tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya.

Anda mau tahu yang lebih luar biasa lagi? HR Manager perusahaan tersebut beberapa hari kemudian menelepon saya kembali dan minta untuk dicarikan satu orang direktur tambahan untuk menangani bidang lain.

Kalau executive search assignments untuk dua posisi itu dirasa masih belum cukup, dua hari yang lalu beliau kembali menelepon dan minta dicarikan lagi satu orang direktur… jadi total ada tiga posisi direktur untuk satu perusahaan yang kini sedang saya tangani.

Sungguh sebuah amanah dan kepercayaan luar biasa yang diberikan satu perusahaan kepada headhunter yang masih belum apa-apa dan belum siapa-siapa ini.

Lebih diluar dugaan lagi karena tadi siang Gusti Allah kembali menunjukkan kuasa-Nya, saya dihubungi oleh satu perusahaan yang sedang melakukan restrukturisasi usaha dan ingin mengganti dua posisi direktur. Meski sifatnya masih tentatif karena mereka perlu melakukan pembahasan internal sebelum akhirnya menunjuk saya secara resmi untuk memulai proses pencarian, tapi kalau seandainya penugasan itu akhirnya diberikan… artinya saya memegang executive search assignments untuk lima posisi direktur sekaligus pada waktu yang nyaris bersamaan.

Saya sendiri menganggap ini sebagai sebuah anugrah sekaligus cobaan untuk menguji kesabaran saya, karena melakukan headhunting untuk posisi direktur tentunya tidak bisa disamakan dengan melakukan headhunting untuk posisi senior officer, atau bahkan senior manager sekalipun. Banyak lika-liku serta triknya dan saya harus mengerahkan semua kemampuan terbaik untuk menemukan orang yang tepat.

Istri saya sendiri berpendapat (yang mungkin ada benarnya, tapi juga tidak bisa dikatakan 100% benar) kalau urusan saya dimudahkan karena saya selalu berusaha membantu orang lain melalui blog ini, selain mungkin juga itu adalah rejekinya jabang bayi yang sedang dikandungnya.

Well, meskipun dia istri saya tapi saya tidak terlalu yakin poin pertama ada hubungannya, karena toh buat saya yang penting dari blog ini adalah bisa memberikan manfaat untuk orang lain. That’s it! No more no less!

Untuk poin kedua yang soal jabang bayi, saya cuma bisa bilang, “Didoakan saja, kalau ini memang rejekinya si jabang bayi, Insya Allah nggak akan lari kemana…”

Tapi apapun yang akan terjadi kedepan nantinya, saya akan tetap berusaha menulis artikel ataupun hal-hal lain yang (semoga) berguna untuk anda semua, tanpa peduli soal imbalan atau semacamnya.

Dengan niat seperti itulah saya akan mencoba sekuat tenaga untuk menepati janji meluncurkan bagian pertama dari tutorial membuat CV yang pernah saya singgung sebelumnya, pada hari Minggu, 10 Agustus 2008.

Mohon dibantu doanya saja semoga semuanya berjalan lancar dalam kehidupan saya. Ngeblog lancar… penugasan dari klien lancar… dan keluarga saya pun bisa tetap terurus dengan baik.

Amiiiinnnnnn…

Quote of the Day:

“Patience and perseverance have a magical effect before which difficulties disappear and obstacles vanish.” by John Quincy Adams

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

2 thoughts on “Kemudahan-kemudahan dalam Hidup Seorang Headhunter

  1. kus

    wah blog nya bagus banget, btw saya setuju sama istri sampeyan, ingatloh firasat wanita lebih peka ๐Ÿ˜€

    suhun , artikelnya bagus .. jadi banyak belajar ๐Ÿ˜€

    [Reply]

    Reply
  2. Randy

    kita mendapatkan dari apa yang kita beri

    Melihat banyaknya manfaat dari blog ini yang bisa di dapat banyak orang, Saya rasa Mas Haryo memang pantas mendapat semua berkah tersebut.

    Makasi Mas buat semua tulisan artikelnya. Banyak artikel dari blog ini yang udah saya save.
    Saya merasa beruntung nemu blog ini karena saya freshgraduate yang butuh bimbingan buat mulai meniti karir.

    moga Mas Haryo bisa terus nulis.

    Salam sukses.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *