Jangan Berbohong tentang Gaji atau Recent Salary yang Anda Terima

Bila anda mendapatkan pertanyaan dari headhunter, “Berapa jumlah gaji atau recent salary berikut benefits yang anda terima dari perusahaan anda saat ini?” Apa yang harus anda lakukan?

Well, kalau memang anda cukup tertarik dengan posisi yang ditawarkan, saya sarankan anda menjawab pertanyaan tersebut dengan terbuka dan jujur. Ada alasan tertentu kenapa anda harus menyebutkan dengan jujur jumlah gaji dan benefits yang anda terima saat ini, karena itu akan menjadi patokan bagi headhunter dan juga klien untuk menilai apakah kira-kira profesional dengan kualifikasi seperti anda masih masuk dalam budget yang mereka miliki.

Bila memang kualifikasi anda sangat baik, tidak tertutup kemungkinan klien akan mempertimbangkan untuk menaikkan budget yang mereka miliki untuk menawarkan posisi tersebut kepada anda.

Satu hal yang harus diingat, jangan pernah sekali-sekali berbohong kepada headhunter dengan menyebutkan jumlah gaji yang lebih besar dari yang anda terima saat ini dengan harapan anda bisa mendapatkan tawaran gaji yang jauh lebih tinggi.

Bila memang pada akhirnya anda mendapatkan tawaran posisi yang diinginkan dari perusahaan klien, headhunter akan meminta slip gaji asli tiga bulan terakhir yang diterima dari perusahaan tempat anda bekerja saat ini sebagai bukti bahwa anda memang menerima jumlah gaji seperti yang anda sebutkan sebelumnya.

Jadi sekali lagi saya tekankan, jangan ragu untuk bicara terbuka dan jujur kepada headhunter mengenai jumlah gaji atau recent salary berikut benefits yang anda terima, karena itu juga turut menjadi pertimbangan penting untuk menawarkan posisi di perusahaan klien kepada anda.

Jagalah baik-baik reputasi anda sebagai profesional dengan selalu berbicara sesuai fakta.

Quote of The Day:

“What you get by achieving your goals is not as important as what you become by achieving your goals.” by Zig Ziglar

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

4 thoughts on “Jangan Berbohong tentang Gaji atau Recent Salary yang Anda Terima

  1. afriza

    kalau menanyakan gaji, apakah itu maksudnya total gaji+bonus+THR : 12 (bulan) atau cumah gaji yang diterima per bulan?

    [Reply]

    Haryo reply:

    Tergantung dari interviewer-nya juga. Tapi kalau mau aman, biasanya mesti jelaskan juga… saya saat ini terima gaji per bulan sekian, kemudian bonus tahunan sekian, komisi sekian, sehingga total annual income saya sekian.

    Dari situ interviewer akan mendapatkan gambaran lebih jelas dan menyeluruh mengenai (total) gaji yang diterima sekarang.

    [Reply]

    Reply
  2. Elim N.Panjaitan

    Mas, memang kejujuran sangat penting dalam segala sisi kehidupan. Pertanyaan saya, apakah head hunter atau para employers bisa sepenuhnya menghargai profesionalisme karyawan sebagaimana tertangkap dalam wawancara untuk mengisi posisi yang lebih tinggi jika di tempat sebelumnya dia dibayar “murah”?

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Seharusnya tidak masalah, saya pernah punya pengalaman memproses kandidat yang “underpaid” dan saya pindahkan ke perusahaan klien saya dengan salary increment hampir 100% dari yang dia terima di perusahaan sebelumnya.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *