Dokumen Standar Lamaran Kerja

Perlukah melampirkan copy ijazah, KTP, paspor, berbagai sertifikat pelatihan, hasil penilaian atau referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya dalam setiap lamaran kerja yang dikirim?

Jawabannya sederhana: tidak perlu!

Dokumen-dokumen tersebut hanya dikirimkan bila memang itu dipersyaratkan. Tapi bila ternyata tidak ada ketentuan yang mengharuskan anda untuk mengirimkan dokumen-dokumen tersebut, tetaplah berpegang pada aturan yang paling mudah… kirimkan saja cover letter dan CV atau resume anda, lalu jangan lupa cantumkan di bagian paling bawah dari CV atau resume tersebut: Supporting documents and references are available upon request.

Dengan demikian di lain kesempatan anda juga tidak perlu susah-payah men-scan 15 dokumen yang anda miliki dan mengirimkan CV melalui email dengan total attachment mencapai lebih dari 4 MB.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

30 thoughts on “Dokumen Standar Lamaran Kerja

  1. Pingback: Perlukah Menyertakan Cover Letter? | suryosumarto.com

  2. Firmanda

    terima kasih atas pelajarannya, saya jadi mengerti kenapa selama ini hanya beberapa perusahaan yang menjawab lamaran saya, padahal saya sudah begitu banyak mengirim lamaran.
    saya ingin bertanya, apakah boleh menulis lamaran di badan email?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    [Reply]

    Haryo reply:

    Boleh, silakan baca artikel saya yang ini.

    [Reply]

    Reply
  3. firdaus

    selamat pagi, mas Haryo. apa kabar ? semoga baik dan sehat, amin.

    saya ingin bertanya tentang artikel diatas, mengenai CV. Pada saat Job Fair / Job Expo, atau terkadang pada iklan lowongan tanpa alamat email (seperti pada jobsdb.com), saya selalu melihat kata “CV lengkap”. yang dimaksud CV lengkap itu apa, mas ? yang saya pahami, dan (kadang) saya bawa ke ke Job Fair, adalah naskah CV satu lembar, beserta Copy Ijazah dan Copy Transkrip Nilai. Apakah benar begitu, maksudnya CV Lengkap ?

    Itu dulu, mas. Terimakasih sebelumnya atas jawaban mas Haryo.

    [Reply]

    Haryo reply:

    Betul, CV lengkap yang dimaksud berarti adalah CV / resume ditambah dengan semua dokumen pelengkap, seperti ijazah, transkrip, sertifikat dll.

    Kalau datang ke job fair, memang sebaiknya membawa CV lengkap. Tapi kalau melamar secara online, cukup kirimkan CV saja tanpa berbagai attachment. Cukup cantumkan di bagian paling bawah CV “All supporting documents and references are available upon request.”

    Kalau sudah dipanggil interview, baru siapkan dokumen pelengkapnya, sebagai tindakan jaga-jaga kalau nanti diminta.

    [Reply]

    Reply
  4. renata

    assalamualaikum wr.wb

    pak saya mau tanya, kalau mengirim cv lengkap via email ada standarnya atau tidak?soalnya dari lowongan yang mau saya tuju tertera untuk mengirimkan cv lengkap via email..
    terima kasih sebelumnya atas jawaban bapak karena sangat membantu

    wassalamu’alaikum wr.wb

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Mengirim CV melalui email sebetulnya malah harus lebih ringkas, mengingat keterbatasan daya tampung email perusahaan yang dilamar. Cukup lampirkan CV (lebih bagus dalam file PDF) plus cover letter yang ditulis di emailnya — triknya bisa dilihat disini.

    [Reply]

    Reply
  5. nita

    pak, saya mau tny, saya bermaksud utk lamar pekerjaan di luar negeri melalui website recruitment (spt jobseek, dll), kira-kira spt apa bunyi cover letter dan CV nya? bolehkah saya mencantumkan kalimat di cover letter spt ini : “saya bersedia pergi ke perusahaan / negara tsb kalau confirm diterima dan segala biaya pembuatan visa kerja atas biaya pribadi saya?”
    Trims atas nasihat dan saran bp.

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Boleh saja, no problem. Kalau calon employer dimudahkan mungkin malah akan memperbesar peluang untuk diproses lebih lanjut.

    [Reply]

    Reply
  6. Dwi

    Halo Pak Haryo, saya mau tanya apakah bisa kita melamar pekerjan di sebuah perusahaan meski perusahaan tersebut tidak sedang meakukan open recruitment? dan untuk posisi pekerjaannya bolehkah tidak kita sertakan? karena tidak ada open recruitment jadi tidak tahu posisi apa saja yang kosong. terima kasih pak, tulisan-tulisan bapak di website ini sangat membantu

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Boleh saja memasukkan lamaran tanpa mencantumkan posisi yang kita inginkan secara spesifik, tapi tentunya kita harus mencantumkan minat kita bekerja di bidang apa dan kita bisa memberikan kontribusi serta solusi ke perusahaan dalam bentuk apa dengan keahlian yang kita miliki.

    [Reply]

    Reply
  7. Miranti tri

    Saya ingin bertanya, kalau melamar pekerjaan di job fair harus membawa cv lengkap. Sedangkan saya baru lulus smk dan belum mendapatkan ijazah. itu bagaimana ya?trims

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Minta surat keterangan lulus dari sekolah sebagai pengganti ijazah untuk sementara sampai ijazahnya keluar.

    [Reply]

    Reply
  8. Siti Nurhidayati

    Pak Haryo, saya ingin bertanya untuk melamar pekerjaan di Jobsdb selalu dimuat summary dalam 300 kata. Bapak bisa tolong berikan contoh summary yang singkat, namun mengena terhadap posisi pekerjaan yang sedang diincar. Mohon bantuannya, pak. Terima kasih.

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Summary itu harus customized; disesuaikan dengan kualifikasi yang kita miliki, job requirements dari posisi yang akan kita lamar, serta latar belakang unik yang kita miliki sehingga membedakan kita dengan para pelamar lainnya. Jadi memang tidak ada satu fixed template yang paling pas, karena setiap posisi yang akan kita lamar membutuhkan summary yang berbeda-beda.

    [Reply]

    Reply
  9. roy

    Pak haryo, saya masih mengerjakan skripsi, namun saya inginmengikuti job fair. Apakah saya bisa melamar kerja tanpa izajah namun hanya pakai daftar nilai smentara ?

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Boleh saja, hanya pastikan juga kalau perusahaan yang anda lamar bersedia untuk menerima mahasiswa tingkat akhir. Atau lebih realistis kalau anda coba cari kesempatan sebagai trainee, atau mengikuti program internship/magang di perusahaan/industri yang diminati.

    [Reply]

    Reply
  10. farhat

    Nyuwun sewu Mas Haryo, kalau out of topic

    kalau kita apply via jobstreet or jobDB akan di proceed our application after closing date or within open – close date

    matur suwn Mas

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Selama kualifikasi kita cocok dengan apa yang dicari oleh perusahaan, besar kemungkinan akan diproses segera.

    [Reply]

    Reply
  11. iwan

    Pak mohon pentunjuk Apa sih yg dimaksud NOTES dalam melamar pekerjaan ?

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Tambahan informasi yang ingin kita sampaikan terkait dengan lamaran pekerjaan kita. Boleh diisi misalnya: notice period/availability, travel preference, willingness to relocate, dsb. Ini sifatnya opsional saja, tidak wajib diisi.

    [Reply]

    Reply
  12. Aldy

    Selamat Malam Pak Haryo, saya ingin bertanya. Mengulas lg yg pernah bapak bahas, dlm lowongan pekerjaan yg saya dapat meminta untuk menyertakan foto 4×6. Pas foto tersebut baiknya saya lampirkan dimana ? Include didalam CV kah ( bila iya posisi ideal melampirkannya seperti apa ? ) atau dilampirkan bersama ijazah dan transkrip nilai ?. Terima Kasih sebelumnya.
    Regards

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Gunakan fungsi insert picture di MS Word, dan sebaiknya foto diletakkan di sisi kanan header CV.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *