Cara Mudah Menghindari Stress

setresStress bisa menghinggapi siapa saja, mulai dari bayi sampai orang lanjut usia pernah merasakannya. Akan tetapi yang membedakan dari setiap orang mungkin hanya responnya, ada yang merespon secara positif, negatif atau malah cenderung destruktif.

Dari pengalaman pribadi bagaimana harus menyikapi stress dan juga membaca berbagai literatur mengenai stress, saya bisa menyimpulkan bahwa sebetulnya setiap orang bisa menghindari stress dengan cara yang relatif mudah dan tidak memerlukan biaya, karena yang dibutuhkan hanya kemauan kuat untuk mengontrol pikiran kita.

Sebetulnya apa penyebab stress? Urusan kantor? Karir? Keluarga? Keuangan? Kemacetan? Korupsi?

Bukan! Penyebab stress sebetulnya adalah karena anda memandang sebuah situasi dari sudut pandang anda sendiri. Anda punya pemikiran bagaimana sesuatu itu seharusnya terjadi, tapi ketika segalanya berjalan tidak sesuai keinginan, anda memberikan berbagai label negatif seperti “menyebalkan”; “memancing emosi”; “gagal”; “sulit”; “tidak mungkin”; “ragu-ragu”; “uji kesabaran” dan masih banyak label negatif lainnya. Dari situlah kemudian muncul reaksi stress.

Jadi bagaimana cara termudah menghindari stress? Mulai dari sekarang berhentilah memberikan label negatif pada segala sesuatu yang berjalan tidak sesuai keinginan anda. Hidup kadang memang berjalan tidak sesuai rencana ideal anda, jadi jalani dan syukuri saja apapun yang terjadi sambil terus mencari solusi terbaik.

Awalnya saya juga tidak percaya kalau caranya sesederhana itu, tapi ingat bahwa kadang “we don’t have to believe it, we just have to do it.”

Cara ini ternyata juga selaras dengan ajaran agama Islam yang saya anut. Disebutkan segala sesuatu di dunia sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, jadi dengan demikian menjadi sebuah kewajiban pula untuk selalu ridha terhadap takdir tersebut. Karena apapun reaksi kita tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi, jadi mengapa memilih untuk bereaksi negatif yang pada akhirnya menimbulkan stress?

As simple as that.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

2 thoughts on “Cara Mudah Menghindari Stress

  1. Seno

    Artikel yg bagus, saya setuju dengan polapikir bapak, kita mesti ridho Dan ikhlas apa yg telah di takdirkan Allah, yg penting position thinking Dan semangat dalam berusaha mengatasinya sgala masalah.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *