Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

Bahasa apa yang sebaiknya dipergunakan dalam menulis dokumen lamaran kerja, yang biasanya terdiri dari cover letter dan CV atau resume?

Idealnya, anda memang memiliki dua versi CV atau resume yang sama persis. Satu versi dibuat dalam Bahasa Indonesia dan satu versi lagi dibuat dalam Bahasa Inggris.

Aturan sederhananya sebagai berikut:
Bila iklan lowongan kerja yang anda minati menggunakan Bahasa Inggris, kirimkan cover letter dan CV atau resume anda yang versi Bahasa Inggris. Begitu pula sebaliknya, bila iklan lowongan kerja yang anda minati ternyata menggunakan Bahasa Indonesia, kirimkan cover letter dan CV atau resume anda yang versi Bahasa Indonesia.

As simple as that.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

7 thoughts on “Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

  1. frans

    menarik sekali artikelnya mas. thanks. artikel2 lainnya juga sangat membantu sekali terutama bagi jobseeker seperti saya.
    pertanyaan saya:
    banyak yang mengatakan cv dalam bahasa inggris akan lebih dipertimbangkan. bagaimana komentar mas sur? oya, kalau iklan lowongan kerja dalam bahasa inggris apa nantinya interviewnya juga dalam bahasa inggris?
    mohon pencerahannya.
    thanks a lot.

    [Reply]

    Reply
  2. Haryo

    Mas Frans, memang betul ada poin plus yang diberikan untuk CV yang dibuat dalam Bahasa Inggris, meski memang tidak menjamin kalau si kandidat ini pasti lancar juga berbahasa Inggris.

    Jadi kadang pihak recruiter sering men-test kemampuan berbahasa Inggris si kandidat dengan mewawancarai dalam Bahasa Inggris, terutama perusahaan-perusahaan multinasional yang jelas mensyaratkan kemampuan berbicara dan menulis Bahasa Inggris dengan baik.

    Tapi kalau perusahaan lokal yang melayani pasar domestik, biasanya mereka tidak terlalu mensyaratkan. Kalau bisa Bahasa Inggris ya syukur… kalau nggak ya nggak masalah…

    [Reply]

    Reply
  3. Dirk

    Mas Haryo, Sebelumnya salut dan terima kasih untuk tulisan yang sangat membangun ini.
    Ada satu hal yang selalu menjadi momok buat saya, yaitu pada saat pertanyaan “GAJI”..
    Di satu sisi kita ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan kompetensi kita, di sisi yang lain perusahaan memiliki kebijakan ketat soal gaji…
    Apa yang harus dilakukan untuk hal ini mas.
    Mohon pencerahannya…

    [Reply]

    Reply
  4. nana

    baru baca artikel ini…… sangat membantu saya.
    ada hal yg masih ada tanda tanya dalam diri saya…. menganai lamaran dengan master degree saya. bagaimana ya sebaiknya…
    terimakasih mas haryo

    [Reply]

    Reply
  5. kojack

    saya menggunakan bahasa inggris hampir di semua lamaran kerja karena pertimbangan saya adalah lebih mudah mencari kandidat yang mampu berbahasa indonesia dibanding inggris.

    apesnya mungkin kalau HRDnya kurang mampu berbahasa inggris…..

    [Reply]

    Reply
  6. Nandini

    Pak haryo, ada ketakutan sama saya nih, meskipun IKLAN JOB-nya BAHASA INGGRIS, kalo surat lamaran nya menggunakan b.indo kira2 ngejatuhin nilai saya gak ya di mata HRD?

    nanti tktnya kl pake b.ing mlh dilewatin email saya krn justru dicap belagu ๐Ÿ™

    CV nya sih menggunakan b.inggris..mohon bantuannya ya pak, ASAP ๐Ÿ™ tq

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *