Apa Keuntungan Memberikan Referensi?

Salah seorang kandidat yang pernah saya proses pernah menanyakan begini, “Mas Haryo, kalau saya mereferensikan nama rekan saya kepada anda, apa keuntungannya buat saya?”

Jawaban saya pada waktu itu kurang lebih sebagai berikut: Seandainya anda memberikan referensi nama rekan anda untuk dijadikan sebagai salah satu kandidat pada job requirement yang sedang saya garap, lalu ternyata teman anda itu pada akhirnya menerima offer dari perusahaan klien saya, anda akan menerima sekedar ucapan terima kasih dari Monroe Consulting Group.

Ucapan terima kasih itu memang nilainya tidak terlalu besar. Jumlahnya hanya sekitar 5% dari total fee yang dibayarkan klien kepada kami, tapi anda bisa bayangkan bila total fee tersebut nilainya mencapai 100 juta rupiah atau bahkan lebih (dan jumlah sebesar itu merupakan hal yang relatif lumrah bagi kami), anda akan menerima setidaknya 5 juta rupiah – cukup dengan bermodalkan kebaikan hati anda mereferensikan rekan kerja, kerabat, sahabat, atau siapapun yang sekiranya memiliki kualifikasi seperti yang kami cari.

Nama anda sebagai pemberi referensi akan tercatat rapi dalam database kami, jadi kapan pun orang yang anda referensikan tersebut menerima offer dari perusahaan klien, anda akan dihubungi untuk menerima sekedar ucapan terima kasih dari kami.

Jadi mulai sekarang, jangan ragu-ragu lagi… saya nantikan referensi dari anda.

Quote of The Day:

“No employer today is independent of those about him. He cannot succeed alone, no matter how great his ability or capital. Business today is more than ever a question of cooperation.” by Orison Swett Marden

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

One thought on “Apa Keuntungan Memberikan Referensi?

  1. Pingback: Kenapa Blog Ini Tidak Memuat Lowongan Kerja? | suryosumarto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *