5 Cara Mudah Supaya Headhunter Menemukan Anda

Diakui atau tidak, ketika headhunter menghubungi anda untuk menawarkan posisi di perusahaan klien yang diwakilinya, sebetulnya headhunter telah terlebih dulu melihat ada sesuatu yang menarik dari kualifikasi profesional yang anda miliki.

Dengan kualifikasi tersebut, headhunter memiliki pemikiran bahwa bisa jadi andalah salah satu kandidat tepat yang bisa dinominasikan untuk mengisi posisi lowong di perusahaan kliennya, dan itu berarti terbukalah juga kesempatan untuk menempati posisi lebih baik dan kemungkinan mendapatkan kenaikan penghasilan.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, adakah cara mudah supaya headhunter menemukan anda?

Jawabannya: ada! Inilah 5 cara mudah supaya hal tersebut bisa terjadi.

1. Kirim CV Anda ke Headhunter

Ini adalah cara termudah. Meski tidak selalu menjadi jaminan bahwa dengan mengirimkan CV ke headhunter hari ini lalu minggu depan anda pasti akan dihubungi.

Tapi tidak perlu kuatir, buatlah CV anda sebaik mungkin, kirimkan ke headhunter (salah satu caranya ada disini), lalu lupakan saja. Dengan mengirimkan CV ke headhunter, kemungkinannya hampir 95% bahwa CV anda akan dimasukkan kedalam database untuk referensi di waktu yang akan datang.

Bila memang ada klien seorang headhunter yang memerlukan seseorang dengan kualifikasi seperti yang anda miliki, cepat atau lambat headhunter pasti akan menemukan CV anda dan menghubungi untuk melakukan wawancara.

2. Menjalin Network dengan Headhunter

Memiliki hubungan baik dengan seorang headhunter jelas akan sangat memudahkan mereka untuk menemukan anda.

Sebagai gambaran, setiap kali saya harus mencari kandidat untuk mengisi posisi lowong di perusahaan klien, yang saya lakukan pertama kali adalah mengingat-ingat siapa diantara teman-teman ataupun orang-orang yang saya kenal yang memiliki kualifikasi serupa dengan apa yang sedang saya cari.

Jangan kuatir, headhunter juga manusia biasa yang memiliki kecenderungan sangat senang menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Pada akhirnya dari network yang terjalin tersebut, tidak hanya anda yang akan diuntungkan tapi juga si headhunter itu sendiri.

Belum dihitung pula pahala yang pasti didapatkan dari menjalin silaturahmi dengan teman-teman baru.

3. Membuat Profil di LinkedIn

Bila anda belum pernah mencoba membuat profil di LinkedIn, sekaranglah saatnya!

Headhunter seringkali juga mencari kandidat dengan melakukan pencarian di LinkedIn. Dengan membuat profil di LinkedIn, lengkap dengan riwayat pekerjaan anda dan informasi lainnya yang relevan, besar kemungkinan headhunter juga akan makin mudah menemukan anda.

Btw, setelah memiliki profil, jangan lupa meng-add saya dalam network anda ya…

4. Membuat Blog

Dengan makin mudah dan sederhananya proses yang diperlukan untuk memiliki blog (baik yang gratisan ataupun yang berbayar), rasanya tidak ada alasan untuk tidak menunjukkan kualitas dan kompetensi profesional anda melalui sarana blog pribadi.

Hapus jauh-jauh pemikiran bahwa blog hanya konsumsi ABG atau kaum narsis! Bila eksekutif kondang sekelas Jonathan Schwartz (CEO Sun Microsystems) atau venture capitalist ternama, Guy Kawasaki, saja memiliki blog… kenapa anda yang levelnya (mungkin) belum apa-apa tidak tercetus ide untuk memiliki blog?

Ingat, salah satu keunggulan blog adalah search engine friendly. Seorang headhunter yang melakukan pencarian kandidat dengan keywords tertentu melalui mesin pencari Google bisa saja kemudian menemukan blog anda. Who knows?

5. Publikasi Positif

Cara ini sebetulnya tidak bisa dibilang 100% mudah, tapi bila anda memang sangat ahli di bidang anda dan keahlian anda tersebut diakui melalui pemberitaan atau publikasi di berbagai media cetak ataupun media elektronik, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk memudahkan headhunter menghubungi anda.

Pada akhirnya perlu saya tekankan sekali lagi bahwa hubungan yang terjadi antara kandidat dengan headhunter dapat diibaratkan sebagai sebuah hubungan yang saling menguntungkan. Anda dapat menolong diri sendiri untuk menemukan pekerjaan baru dengan cara menolong headhunter untuk dapat menemukan anda dengan mudah.

Dengan demikian semua pihak pun merasa senang dan diuntungkan.

Quote of The Day:

“You are your own most important resource for making your life work. Life rewards action. Until your knowledge, awareness, insights, and understandings are translated into action, they are of no value.” by Phil McGraw

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

12 thoughts on “5 Cara Mudah Supaya Headhunter Menemukan Anda

  1. Pingback: Perlukah Fresh Graduates Mengirimkan CV ke Headhunter? | suryosumarto.com

  2. Pingback: Benarkah mendapatkan pekerjaan itu sulit? « Sanggita

  3. Pingback: Top 3 Questions Asked via Email in 2008 | suryosumarto.com

  4. david robertson pardosi S.H

    benarkah yang sudah lama menganggur susah mencari pekerjaan padahal setelah saya lulus kuliah saya pernah kerja dibidang retail sebagai asistent kepala toko pada tahun 2010 awal sampai 2010 bulan mei dan sampai sekarang saya belum mendapatkan pekerjaan???

    [Reply]

    Reply
  5. sani

    Salam Kenal Mas,

    Alhamdullilah saya selalu mendapat kerja melalui Headhunter, kerja yang sekarang juga saya dapatkan dari satu headhunter dari Dubai.

    yang saya mau tanyakan,
    1. Berapa lama proses waktu yang diperlukan (average) untuk proses suatu recruitment.
    2. Rata rata berapa kandidat dari Headhunter submit ke user?

    terima kasih mas haryo.

    Salam.

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    1. Variatif. Prosesnya bisa satu minggu sampai enam bulan, tergantung dari tingkat kesulitan dalam mencari kandidat dengan kualifikasi yang sesuai.
    2. Biasanya sedikit saja, maksimal 5 kandidat, tapi dengan kualifikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi user / hiring manager.

    [Reply]

    Reply
  6. jeffry hutabarat

    saya sedang mencoba membuat cv untuk bekerja sebagai crane operator untuk offshore , tapi bagaimana ya caranya supaya cv yang saya buat untuk meyakinkan hrd dari suatu perusahaan tersebut yakin dan percaya dengan skill atau kemampuan saya……thx

    [Reply]

    Reply
  7. Mariam Avi

    Saya bersyukur sekali bisa menemukan blog ini.
    Sebagai seorang Fresh Graduate yg lagi pusing-pusingnya nyusun CV, Resume, dll ilmu dari pak Suryo Sumarto sangat berguna.
    Sukes terus untuk bapak 🙂

    [Reply]

    Reply
  8. tiara

    salam kenal,

    saya sedang mengalami kesulitan dalam melamar pekerjaan. Saya lulusan sarjana MIPA FISIKA di tahun 2015. selama ini jarang saya jumpai kualisifikasi pekerjaan lulusan MIPA FISIKA, karena itu saya sering melamar dengan kualifikasi jurusan “semua jurusan”, namun sampai saat ini saya belum menerima panggilan pekerjaan. hingga 3 bulan terakhir saya bekerja di sebuah coffeeshop, yang tidak sesuai pendidikan saya.
    bagaimana cara membuat CV tanpa pengalaman?
    apakah pengalaman pekerjaan yang tidak sesuai latar pendidikan bisa dimasukkan dalam CV?
    apakah boleh saya melamar pekerjaan yang berbeda dengan latar belakang pendidikan saya, namun memiliki sedikit kesamaan?
    sangat memohon bantuan dan bimbingannya pak, Terimakasih

    [Reply]

    Haryo Suryosumarto reply:

    Kuncinya ada di CV. Banyak pelamar lain yang juga tidak memiliki pengalaman relevan tapi berhasil mendapatkan pekerjaan yang baik. Sebaliknya tidak sedikit pelamar diluar sana yang memiliki pengalaman relevan tapi tidak berhasil lolos dari proses seleksi/rekrutmen perusahaan.

    [Reply]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *